Senin, 10 Maret 2014

Aplikasi Teknik Wawancara dalam dunia PSIKOLOGI


     Wawancara? mungkin kita sering mendengar kata tersebut dikehidupan sehari-hari dalam bercakap-cakap bersama teman atau yang lebih sering adalah untuk melamar pekerjaan.. Namun, wawancara dalam segi Psikologi dapat digunakan lebih dari sekedar bercakap-cakap dan untuk melamar pekerjaan saja. Dalam dunia Psikologi, wawancara dapat digunakan dalam beberapa setting, yaitu pada setting Klinis, Pendidikan dan dalam dunia Industri dan Organisasi. mari kita bahas satu persatu wawancara pada setting diatas.

     Pada setting Klinis, Klinis anak maupun dewasa wawancara dapat digunakan dalam konseling antara klien dengan Psikolog ataupun Terapis. Wawancara tersebut bertujuan untuk mengetahui latar belakang masalah klien, penyakit yang diderita atauoun gangguan yang dimiliki maupun untuk mengetahui latar belakang keluarga klien yang bersangkutan. Selain itu juga wawancara dalam setting klinis bermanfaat untuk menguatkan diagnosa Psikolog atau Terapis terhadap penyakit atau gangguan yang diderita oleh klien. Dengan wawancara, maka Psikolog atau Terapis dapat mengetahui informasi yang lebih dalam, sehingga dapat menangani klien tersebut dengan metode pemulihan yang sesuai. 

     Sedangkan pada setting Pendidikan, wawancara kebanyakan digunakan oleh guru bimbingan konseling (BK) di sekolah-sekolah. Biasanya guru tersebut menggunakan teknik wawancara saat menghadapi murid-murid yang bermasalah, seperti sering membolos, nilai akademik yang tidak bagus, berkelahi dengan teman dan masalah lainnya. Atau bisa saja dilakukan dengan murid yang hanya sekedar ingin berkonsultasi saja dengan gurunya. Tidak hanya pada para murid, biasanya dalam dunia pendidikan peran Guru konseling juga dibutuhkan untuk mengatasi masalah pada guru-guru lainnya. Misalnya saat guru lain menghadapi stress menghadapi kenakalan para murid atau stress karena pekerjaannya.

     Dan yang terakhir, teknik wawancara yang digunakan dalam setting Industri dan Organisasi (PIO). Mungkin dalam setting ini paling banyak diketahui oleh orang awam yang menggunakan teknik wawancara. Dalam dunia PIO dikenal adanya HRD yang merupakan suatu departemen yang mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam setting ini wawancara digunakan dalam recruitment. Wawancara tersebut bertujuan untuk mengetahui latar belakang calon karyawan yang hendak bekerja disebuah perusahaan.  Apakah calon karyawan tersebut cocok dengan bagian pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu juga wawancara dapat dilakukan oleh HRD untuk promosi karyawan (naik jabatan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar