Minggu, 26 Oktober 2014

Penyakit Menular Seksual = BAHAYA!!!

     

     Pada blog ini, saya akan membahas mengenai Penyakit Menular Seksual yang biasa diisebut dengan PMS. PMS merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang menempel pada kelamin kita saat berhubungan seksual baik secara oral, anal, ataupun vaginal. Berikut mari kita bahas beberapa penyakit menular seksual yang sering diderita.

     Yang pertama-tama dan tidak asing lagi adalah Sifilis atau dikenal dengan raja singa. Sifilis disebabkan oleh suatu bakteri yang bernama Treponema Pallidum yang masuk melalui selaput lendir, seperti selaput lendir di vagina atau mulut dan melalui kulit. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah keluarnya cairan tidak normal dari penis pada pria, dan dari saluran kencing pada wanita seperti keputihan dan berbau amis, nyeri pada saat berhubungan seks atau buang air kecil, luka memerah pada bagian kelamin namun tidak sakit, dan timbul lepuh kecil pada bagian kelamin. 


     Kedua adalah Gonore (Gonorrhea) dikenal sebagai penyakit kencing nanah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhea. Gejala dari penyakit ini adalah seperti rasa terbakar pada alat kelamin saat buang air kecil dan pada pria keluar cairan nanah berwarna putih, kuning atau hijau dari penis. Gonore juga dapat terjangkit pada bagian kerongkongan.



     Berikutnya adalah Herpes. Herpes disebabkan oleh virus yang bernama Herpes Simplex Virus (HSV). Ada dua macam yaitu HSV 1 yang dikaitkan dengan luka dingin di mulut dan HSV 2 yang dikaitkan dengan luka pada daerah genital. Herpes muncul ditandai dengan radang kulit yang  berbentuk gelembung-gelembung berkelompok. gelembung-gelembung tersebut berisi air pada dasar peradangan. HSV 2 lebih parah dari pada HSV 1, karena HSV 2terjangkit pada bagian genital dan tidak dapat sembuh 100%. walaupun hilang, namun sewaktu-waktu dapat kambuh kembali. sedangkan HSV 1, masih dapat disembuhkan.



     Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang biasa terjadi pada wanita muda yang sering melakukan seksual. Penyakit ini disebabkan oleh jamur atau bacteria vaginosis. Gejalanya adalah keluar cairan nanah berbusa, bau vagina yang menyengat, nyeri pada saat berhubungan seksual, iritasi dan gatal-gatal. Seorang pria harus berhati-hati jika memiliki pasangan wanita yang menderita penyakit ini, karena pria dapat tertular dan menjadi media untuk penularan ke wanita lainnya.



     Yang berikutnya adalah Human Papilloma Virus (HPV). HPV ini juga dikenal dengan nama virus kanker serviks. Tetapi hanya beberapa HPV yang terkait dengan kanker. Selainnya menyebabkan kutil pada kelamin atau sama sekali tidak ada gejala. Penyakit ini sering terjadi akibat hubungan seksual yang tidak sehat. HPV tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat diobati.



     Selanjutnya adalah HIV/AIDS. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat terjangkit melalui pertukaran cairan semen, cairan vagina, air susu ibu dan darah. HIV ditangani dengan kombinasi obat yang disebut dengan terapi anti-retroviral yang sangat aktif. Walaupun penanganan tersebut tidak dapat menyembuhkan, namun dapat mengurangi kemungkinan untuk berkembang menjadi AIDS.   


     Demikian sedikit penjelasan mengenai Penyakit Menular Seksual. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Jaga dan sayangilah diri kita sendiri. Hindari untuk melakukan hubungan seksual sebelum nikah yang tidak sehat. Gunakan alat pengaman sebelum melakukan hubungan seksual. LOVE and SAVE YOUR BODY.....!!! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar